Followers

Tuesday 7 June 2011

Andai Aku Seorang Guru

Betapa mulianya menjadi seorang guru. Bukan sekedar lip service, tapi memang begitulah aku memahaminya. Bagiku, menjadi seorang guru tidak hanya sekadar berdiri didepan kelas, menerangkan pelajaran, dan memberi ilmu. Kalau kita membuka mata seluas-luasnya, profesion sebagai guru jauh melampaui itu semua. Bahkan seorang guru yang professional dapat merubah bangsa ini secara keseluruhan.
Andai aku seorang guru, hal ini jelas bukan suatu hal yang mudah bagiku. Aku harus melatih kesabaranku, bukan kesabaran biasa, tapi kesabaran yang sangat tinggi. Kesabaran adalah hal yang paling penting dan mutlak dimiliki oleh seorang guru. Pekerjaan sebagai guru adalah pekerjaan yang kompleksitasinya tinggi. Seorang guru tidak hanya harus memikirkan silibus, pemenuhan tuntutan kurikulum, dan juga prosedur yang lain.  Tapi hal yang (menurutku) lebih penting, adalah hubungan dengan siswa. Urusan dengan siswa, adalah urusan dengan manusia, dan urusan dengan manusia adalah urusan yang kompleks dan  sangat rumit. Inilah yang membuat seorang guru harus memiliki kesabaran yang besar.
Mengenai hubungan dengan siswa, pada sektor inilah aku akan menitikberatkan perhatianku bila aku benar-benar menjadi seorang guru. Aku akan berusaha keras untuk mendekati murid, menghafal semua nama mereka, dan memahami mereka secara peribadi. Intinya, aku akan berusaha keras untuk membangun ikatan emosional antara aku dan muridku. Ikatan emosional sangatlah penting. Jika ikatan emosional telah terbangun, maka akan dengan mudah seorang guru menanamkan nilai-nilai kedalam sanubari para muridnya, nilai-nilai yang akan tertanam kuat. Seperti yang kita ketahui, nilai-nilai mempengaruhi banyak hal dalam kehidupan seseorang. Jika nilai-nilai positif tertanam kuat dalam jiwa seseorang, maka akan positiflah tindak-tanduk orang itu. Pada point inilah sebenarnya mengapa seorang guru yang professional dapat merubah bangsa, bahkan merubah dunia


                                              





3 comments:

  1. waaahhh... fikir kedepan, bgs2.. smoga dpt jd seorg guru dan pendidik yg sntiasa di rahmati Allah...

    ReplyDelete
  2. waa~ bestnyer law dpt cikgu cmni.. hri2 mesti dtg skolahnyer... hehhe

    ReplyDelete
  3. smoga menjadi pendidik yg berjaya & dirahmati Allah..

    ReplyDelete